Sunday, December 5, 2010

Kronologi Kisruh FFI 2010

Posted by Dany Nooryadi 9:10 PM, under | 2 comments

PhotobucketPerhelatan Festival Film Indonesia (FFI) 2010 memang tinggal menunggu malam puncak penganugerahan Piala Citra. Rencananya, malam puncak yang bakal digelar di Central Park Jakarta itu akan berlangsung Senin, 6 Desember 2010. Meskipun demikian, dalam perjalanannya, ajang tahunan para insan film di tanah air itu tercoreng oleh sejumlah "insiden" kisruh pada sisi penjurian sehingga menjadikan kewibawaan FFI kian merosot.
Berikut kronologi kisruh FFI 2010 :
12 November
Komite Seleksi Festival Film Indonesia (FFI) meloloskan 8 dari sekitar 50 judul film yang masuk. Kedelapan judul film tersebut "3 Hati 2 Dunia 1 Cinta", "Alangkah Lucunya Negeri Ini", "Minggu Pagi di Victoria Park", "Hari untuk Amanda", "7 Hati 7 Cinta 7 Wanita", "Cinta 2 Hati", "I Know What You Did on Facebook", dan "Heartbreak.com". Keputusan Komite Seleksi menuai protes karena tidak sesuai dengan kuota yang ditetapkan buku pedoman pelaksanaan FFI 2010, yakni minimal 10 judul film.
16 November
Komite Seleksi FFI menggelar jumpa pers dan minta maaf atas kekeliruan tersebut. Mereka juga menambah 2 judul film lagi yang lolols seleksi, yaitu "Red Cobex" dan "Sehidup (tak) Semati", sehingga menjadi 10 judul film. Namun, penambahan 2 judul film baru tersebut belum meredakan protes dari banyak kalangan.
22 November
Dewan Juri FFI menonton film "Sang Pencerah" yang tak masuk dalam 10 daftar film pilihan Komite Seleksi. Esoknya, dalam rapat pertemuan dengan Komite FFI, Dewan Juri mengisyaratkan akan menilai film di luar 10 judul yang lolos seleksi. Mereka mendasarkan gagasan itu pada Pedoman FFI yang tidak mencantumkan larangan juri menilai film peserta yang tidak lolos nominasi. Argumentasi itu kabarnya tidak bisa disanggah oleh Niniek L. Karim dan Labbes Widar yang hadir dalam rapat waktu itu.
24 November
Komite FFI melayangkan surat yang ditandatangani Labbes Widar meminta dewan juri hanya menilai 10 judul film seleksi.
25 November
Dewan Juri pun merespons dengan mengadakan rapat mendadak. Dewan Juri tetap pada pendiriannya. Sikap juri itu seakan memastikan film "Sang Pencerah" mereka nilai. Sempat beredar spekulasi kuat, "Sang Pencerah" bakal menyabet sembilan kategori nominasi.
26 November
Sejumlah artis dari Ibukota berangkat ke Batam sebagai persiapan acara malam pengumuman nominasi FFI 2010 yang memang digelar di Kota Batam. Namun, pada saat bersamaan, Ketua Komite FFI 2010 Niniek L. Karim pada hari yang sama justru meninggalkan Batam.
28 November
Rencananya pengumumkan nominasi FFI 2010 dibacakan bersamaan dengan acara Dahsyat RCTI. Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik pun hadir di Batam. Namun, acara pengumuman nominasi batal dan diundur hingga tanggal 3 Desember 2010. Sejumlah artis dan wartawan kecewa atas pembatalan tersebut.
29 November
Komite FFI 2010 menggelar rapat pleno untuk mencari solusi terbaik.
30 November
Dewan Juri FFI 2010 yang diketuai Jujur Prananto, diberhentikan oleh Komite FFI.
1 Desember
Komite FFI mengangkat dewan juri baru. Dewan juri baru yang terdiri atas lima orang anggota Komite Seleksi lama plus dua orang baru, yaitu musisi Areng Widodo dan aktor Alex Komang. Niniek L. Karim menyatakan pengunduran diri sebagai Ketua Komite FFI 2010, meskipun ditolak oleh Jero Wacik.
3 Desember
Nominasi FFI 2010 diumumkan di acara Dahsyat RCTI. Pada sore harinya, juri lama mengumumkan nominasi dan hasil final penilaian versi mereka. Hasilnya, film "Sang Pencerah" mendapat sembilan penghargaan, sekaligus menjadi film terbaik tahun ini.

[ dikutip dari koran Pikiran Rakyat hal 6. 5 Des 2010 ]

>>>>>>
Jump to : DAFTAR ISI


Artikel Terkait:

2 comments:

Thank's sdh sll menyimak posting GR. Yah..., smg sll memberi manfaat buat Danny dan slr sobat blogger n smg akan smkin banyak blogger baru yang lbh hbt dan mendunia lahir dr bumi pertiwi!

Salam ... n happy blogging !!!

gubhug reyot

@'Cah Ndeso Kluthuk:
Sama-sama Pak, terima kasih juga dari saya u/ bapak yang sudah berkenan mengunjungi blog kecil saya ini. :-)
[AMIN Y.R.'A...] Semoga doanya terkabulkan, Pak. :-)

Salam hormat,
DANY

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar/masukan/kritik Anda di bawah ini..

Tags

Menu (shortcut) Blog

Photobucket
Photobucket

Blog Archive

Blog Archive